LAPORAN PRAKERIN ( PKL ) DI PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang

PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PADA PD BPR BKK PURWOKERTO
KANTOR CABANG AJIBARANG
“Prosedur Pengajuan Permohonan Kredit”

12239475_1215621465119587_5452739545099768204_n


DISUSUN OLEH :
Nama                                      : Dila Indah Tawakhalni
Nomor Induk Siswa              : 7949                               
Kelas                                       : XII Akuntansi - 1
Program Keahlian                 : Akuntansi



SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG

2016

PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PADA PD BPR BKK PURWOKERTO
KANTOR CABANG AJIBARANG
“Prosedur Pengajuan Permohonan Kredit”

12239475_1215621465119587_5452739545099768204_n
LAPORAN
Disusun Sebagai Syarat Untuk Mengikuti
Ujian Program Keahlian Akuntansi
SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
Tahun Pelajaran 2016/2017
Nama                                                   : Dila Indah Tawakhalni
NIS                                                      : 7949                               
Kelas / Program Keahlian                    : XII Akuntansi 1


SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG
2016
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan ini telah memenuhi syarat dan telah disyahkan oleh
pembimbing prakerin pada :



Hari                      :
Tanggal                :
Tempat                 : SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang





       Ketua Program Studi Keahlian,                            Pembimbing Sekolah,


Sri Widodo, SE                                               Sugiarto, S. Pd
           NBM : 1053126                                             NBM : 6005970042








HALAMAN PENGUJI


          Laporan ini telah memenuhi syarat dan telah diujikan pada :

Hari                 :
Tanggal            :
Tempat            : SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang







    Ajibarang,                              2016
                    Penguji


                                                                                           Sri Widodo, SE
                                                                                            NBM : 1053126






MOTTO

1.      Saya harus bisa dan saya pasti bisa,
2.      Don’t stop to Dreaming because “A Goal is a Dream with Deadline (Sebuah Tujuan adalah sebuah mimpi yang disertai dengan tenggat waktu)”,
3.      Janganlah menyerah karena kesuksesan selalu disertai dengan kegagalan. “Success is always accompanied with failure.”
4.      “Think big, and act now.” Berpikirlah besar, dan bertindakah sekarang.
5.      Salah masih bisa diperbaiki, Gagal masih bisa diulangi, Tapi Menyerah berarti Selesai.
6.      Jadilah orang yang mempunyai prinsip hidup.
7.      Sains tanpa Agama adalah Buta, namun Agama tanpa Sains adalah Lumpuh.
8.      Allah tidak akan menguji hamba-Nya melebihi batas kemampuan hamba-Nya.















HALAMAN PERSEMBAHAN

          Puji syukur penyusun panjatkan kepada Allah SWT., dan dengan ketulusan dan keikhlasan hati penyusun laporan Praktik Kerja Industri pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang penyusun mempersembahkan kepada :
1.      Kedua orang tua tercinta.
2.      Drs. Suyono selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang.
3.      Bapak Sri Widodo, SE selaku ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi.
4.      Bapak Sugiarto, S. Pd selaku pembimbing dari sekolah.
5.      Bapak Samsul Muftiady, SE selaku Pimpinan PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang.
6.      Bapak Ali Santosa, SE selaku pembimbing di industri serta Kasi Pelayanan PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang.
7.      Bapak dan Ibu guru SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang.
8.      Segenap karyawan PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang.
9.      Teman-teman kelas XII dan adik-adik kelas X dan XI.
10.  Seluruh rekan yang telah ikut berpartisipasi.













KATA PENGANTAR

   Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan berbagai karunia, rahmat dan hidayahNya kepada penyusun sehingga dapat menyelesaikan tugas sekolah berupa “Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang tanpa halangan suatu apapun.
   Laporan ini disusun sebagai bahan masukan bagi sekolah dalam pengembangan materi pembelajaran serta sebagai bahan kajian untuk melatih keterampilan dan keprofesionalan untuk terjun langsung dalam lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya.
            Tersusunnya laporan ini tidak akan berhasil tanpa adanya bimbingan dan bantuan serta petunjuk dari berbagai pihak, maka dari itu penyusun menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
1.      Drs. Suyono, selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
2.      Bapak Sri Widodo, SE selaku Ketua Program Keahlian Akuntansi
3.      Bapak Sugiarto, S.Pd selaku pembimbing dari sekolah
4.      Bapak Samsul Muftiady, SE selaku Pimpinan PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang
5.      Bapak Ali Santosa, SE selaku pembimbing di PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang
6.      Bapak dan Ibu guru SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
7.      Bapak dan Ibu tercinta
8.      Seluruh rekan yang telah ikut berpartisipasi
9.      Pembaca yang budiman

Semoga jasa baik dari semua pihak akan mendapat balasan dari Allah SWT. Kiranya apabila dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan, penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar dapat memperbaiki penyusunan laporan untuk masa mendatang.


Ajibarang, ......................2016


        Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..................................................................................................  i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH ..............................................................  ii
HALAMAN PENGUJI ............................................................................................  iii
MOTTO .....................................................................................................................  iv
HALAMAN PERSEMBAHAN ................................................................................  v
KATA PENGANTAR ..............................................................................................  vi
DAFTAR ISI ............................................................................................................  vii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Pengertian Prakerin .........................................................................................  1
B.     Tujuan Dan Manfaat Prakerin .........................................................................  1
C.     Dasar Pelaksanaan Prakerin............................................................................. 3
D.    Pelaksanaan Prakerin ......................................................................................  3
E.     Tujuan Pembuatan Laporan ............................................................................  3

BAB II PENGENALAN INDUSTRI TEMPAT PRAKERIN

A.    Sejarah singkat berdirinya PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang ...  4
B.     Letak PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang ........................  5
C.     Visi dan Misi PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang ............  5
D.    Struktur Organisasi PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang Tahun 2016       6
E.     Sistem Akuntansi Yang Diterapkan................................................................ 8
F.      Jenis Usaha Instansi Prakerin ..........................................................................  9
G.    Tugas – tugas Pimpinan dan Staf .................................................................  14
BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN
A.    Pelaksanaan ...................................................................................................  20
B.     Pembahasan ..................................................................................................  23
a.       Pengertian Kredit ....................................................................................  23
b.      Fungsi Kredit ..........................................................................................  23
c.       Tujuan Kredit ..........................................................................................  24
d.      Jenis – Jenis Kredit .................................................................................  24
e.       Analisis Penyaluran Kredit .....................................................................  25
f.       Unsur – Unsur Kredit .............................................................................  26
g.      Prinsip 7P ................................................................................................  27
h.      Prinsip 3R ...............................................................................................  28
i.        Pengelompokkan Kredit .........................................................................  28
j.        Prosedur Pengajuan Permohonan Kredit ................................................  28
k.      Kebijakan Kredit ....................................................................................  30
l.        Kendala – Kendala .................................................................................  30
BAB IV PENUTUP
A.    Kesan – Kesan Umum  .................................................................................  33
B.     Saran - Saran .................................................................................................  33
C.     Kesimpulan ...................................................................................................  34
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................................  35
LAMPIRAN .............................................................................................................  36


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Pengertian Prakerin
Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) adalah suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran siswa SMK yang dilaksanakan di dunia usaha / industri dengan kompetensi ( kemampuan ) sesuai dengan bidangnya.
Proses pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi akademis dan kepribadian yang baik serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan perkembangan era globalisasi.
Namun demikian tujuan SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan ) adalah menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap profesional, menyiapkan menjadi tenaga tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun di masa yang akan datang melalui proses pelatihan ( terutama di dunia kerja ), maka dari itu diperkenalkan Konsep Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) agar peserta menguasai kompetensi terstandar pada bidangnya, mengembangkan dan mengintervalisasi sikap - sikap profesionalisme sebagai tenaga kerja berkualitas unggul di tingkat menengah.
Alasan penyusun memilih judul PELAKSANAAN PRAKERIN PADA PD BPR BKK PURWOKERTO KANTOR CABANG AJIBARANG “Prosedur Pengajuan Permohonan Kredit” karena merupakan tempat penyusun melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) dan untuk melaporkan hasil latihan terkait dengan pembahasan yang akan disajikan oleh penyusun dari hasil pekerjaan di PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang.
B.     Tujuan dan Manfaat Praktik Kerja Industri ( Prakerin )
Kerjasama dengan Institusi dengan tempat Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) dilaksanakan dengan prinsip saling membantu, saling mengisi dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini pelaksanaan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) akan memberikan manfaat / nilai tambah sebagai berikut :
1.      Bagi instansi tempat prakerin :
a.       Dapat mengenal persis kualitas siswa yang belajar dan bekerja di tempatnya, sehingga apabila instansi tempat PRAKERIN menilai siswa tersebut dapat menjadi asset ditempatnya, bisa direkrut ( setelah lulus / tamat sekolah ).
b.      Selama praktik siswa lebih mudah diatur dalam kedisiplinan dan kepatuhan tertentu atau dibentuk sesuai dengan keinginan tempat PRAKERIN.
c.       Dapat berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan dengan resiko kecil.
d.      Dapat memilih peserta didik baik jumlah, kemampuan, penampilan dan waktu yang dianggap paling menguntungkan.
e.       Dapat memberi tugas kepada siswa untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi dari sekolah untuk kepentingan bersama.
2.      Bagi sekolah :
a.       Tujuan pendidikan untuk memberikan keahlian profesional bagi siswa, pencapaiannya lebih terjamin.
b.      Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja.
c.       Memberi kepuasan bagi sekolah, karena siswa lulusannya lebih terjamin dalam perolehan bekal yang bermakna bagi mereka.
3.      Bagi siswa :
a.       Setelah tamat siswa betul-betul meiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidup untuk pengembangan diri.
b.      Setelah tamat tidak memerlukan waktu tambahan untuk latihan lanjutan guna mencapai tingkat keahlian siap pakai.
c.       Keahlian yang didapat dalam pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda, dapat meningkatkan harga diri dan rasa percaya diri siswa yang selanjutnya mendorong mereka untuk mencapai kehlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi.
C.    Dasar Pelaksanaan
1.      Undang – undang No. 20 Tahun 2003 tentang pendidikan nasional.
2.      Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 Bab II pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 ayat (2) serta Bab XI pasal 29 ayat (1) dan (2).
3.      Undang – undang No. 0490/u/1992 Bab I pasal 1 ayat (1).
4.      Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
5.      Rapat Kerja Pokja Prakerin Tanggal 6 Januari 2016.

D.    Pelaksanaan Prakerin
Kegiatan prakerin SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang tahun pelajaran 2016 / 2017 dilaksanakan minimal 400 jam pembelajaran atau sekitar 54 hari efektif / 2 bulan dalam kurun waktu 1 semester yaitu dimulai pada tanggal 20 Juni s.d 1 September 2016 yang dilaksanakan pada PD. BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang.
Adapun waktu / jam kerjanya sebagai berikut :
a.        Senin – Jum’at     : Pukul 08.00 – 15.00 WIB
b.        Sabtu                    : Pukul 08.00 – 12.00 WIB
c.        Istirahat                : Pukul 12.00 – 13.00 WIB

E.     Tujuan Pembuatan Laporan
Setelah melaksanakan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) maka peserta prakerin diwajibkan membuat laporan yang mempunyai tujuan antara lain :
1.      Setelah terbukti bahwa penyusun telah selesai menyelesaikan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) pada Dunia Usaha / Dunia Industri ( DU / DI ).
2.      Untuk mengetahui kualitas siswa selama praktik di dunia kerja.
3.      Agar siswa dapat memahami dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di sekolah dan menerapkannya di dunia usaha / dunia industri secara langsung.



BAB II
PENGENALAN INDUSTRI KERJA

A.    Sejarah Singkat Berdirinya PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang
PD BPR BKK Berdiri pada tahun 1969 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur No.Psa.5226/1969/8/2/4. BKK berdiri di tiap-tiap kecamatan di seluruh Jawa Tengah dengan status sebagai proyek. Kemudian pada tahun 1981, kedudukan BKK makin kokoh dengan dikeluarkannya Perda Jateng No.11/1981. Perda ini telah diubah selama beberapa kali seiring berjalannya waktu. Perda Jateng yang saat ini digunakan adalah Perda No.11/2002.
Pada tahun 1983, dikeluarkan pula Paket Juni 1983 tentang Deregulasi Perbankan di Indonesia. Paket ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan sektor perbankan di Indonesia. Paket kemudian diperbaharui kembali melalui Pakto (Paket Oktober) 1988. Isi dari Paket Oktober 1988 ini tentang dorongan terhadap pendirian bank-bank dan bertujuan untuk memberikan pelayanan jasa keuangan. Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan Deregulasi Perbankan dengan adanya kemudahan menjadi BPR (Bank Perkreditan Rakyat).
Tahun 1991 menjadi awal mula berkembangnya BKK, karena pada saat itu Pemerintah mengusulkan 510 unit BKK untuk diubah statusnya menjadi BPR. Namun hanya 202 unit BKK yang disetujui oleh BI dan diubah statusnya menjadi BPR BKK. Sebanyak 308 unit lainnya masih berstatus BKK. Selang 4 tahun kemudian tepatnya di tahun 1995 Pemerintah kembali mengusulkan 308 unit BKK kepada BI agar diubah statusnya menjadi BPR BKK. Hasilnya 148 unit disetujui menjadi BPR BKK dan 160 unit sisanya masih tetap sebagai BKK.
Untuk memperluas unit kerjanya BKK ditiap Kabupaten atau Kota melakukan merger. Tepatnya pada tahun 2005-2008 PD BPR BKK yang berjumlah 350 diseluruh Jawa Tengah merger menjadi berjumlah 37 unit. Selanjutnya pada jangka waktu tahun 2009-2010 PD BKK yang berjumlah 160 unit di tiap Kabupaten atau Kotanya merger menjadi 29 unit.
Pada perkembangan selanjutnya berdasar pada surat keputusan debuti gubernur Bank Indonesia No : 9/2/Kep/DPE/2007 Tanggal 25 Januari 2007 tentang ijin penggabungan usaha ( merger ) PD BPR BKK Se-Kabupaten Banyumas yang terbagi menjadi 23 kantor nama, menjadi PD BPR BKK Purwokerto Utara Cabang Ajibarang dan sekarang menjadi PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang.
Latar belakang pembentukkan badan kredit tersebut tidak dimaksudkan untuk mengembangkan usaha perbankan di daerah pedesaan, melainkan untuk pembangunan desa melalui pemenuhan akan kebutuhan modal dan keterampilan yang pada akhirnya dapat meningkatkan masyarakat pedesaan atau dengan kata lain dapat mensejahterakan masyarakat.
B.     Letak PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang
PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang terletak di Jl. Raya Ajibarang No.5 Telp 0281-572009 berada di sebelah timur Kantor Kecamatan Ajibarang.
C.    Visi dan Misi PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang
Visi
Menjadi bank pengkreditan rakyat yang terpercaya dan unggul dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Misi
a.         Menggali potensi di setiap kecamatan agar lebih inisiatif dan terfokus di semua sektor kegiatan usaha serta memperluas jaringan pasar dengan mempertahankan pelayanan.
b.         Meningkatkan sumber daya manusia dengan pelatihan dan pendidikan agar mampu mempererat hubungan komunikasi dengan masyarakat guna meningkatkan kualitas pelayanan.
c.         Meningkatkan pertumbuhan usaha secara sehat dan wajar guna memperoleh hasil usaha secara optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Adapun sasaran operasional serta potensi yang bisa dikembangkan pada PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang antara lain :

            Tujuan Usaha
Membantu dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta pembangunan daerah di segala bidang sebagai salah satu sumber pendapatan dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat.
            Sasaran Operasional
a.         Menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan simpanan berjangka.
b.         Memberikan kredit serta melakukan pembinaan dan pengawasan nasabah.
Potensi Yang Bisa Dikembangkan
Keberadaan pasar Ajibarang banyak memberikan perubahan bagi perekonomian masyarakat Ajibarang dan sekitarnya, banyak tumbuh dan berkembangnya usaha perdagangan, home industry dan jasa merupakan potensi tersendiri yang perlu dikembangkan karena mereka bukan penguasa bank – bank umum, namun justru mereka akan memilih BPR dan bukan non bank.
D.    Struktur Organisasi pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang Tahun 2016
Rounded Rectangle: DIREKSISecara garis besar struktur organisasi PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang terdiri dari satu orang direksi, satu pimpinan, 3 orang kepala seksi dan pelaksana. Lebih jelasnya lihat tabel berikut :

 





























Sejak tanggal 05 Agustus 2016 terjadi perubahan Kasir PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang AjibaranRounded Rectangle: DIREKSIg


 








 




















E.     Sistem Akuntansi yang Diterapkan
Sistem Akuntansi yang diterapkan pada PD BPR BKK Purwokerto Utara Cabang Ajibarang sebagai berikut :
Down Arrow Callout: TRANSAKSI
Down Arrow Callout: BUKTI TRANSAKSI
 







F.     Jenis Usaha Instansi Prakerin

PD BPR BKK Purwokerto Utara Cabang Ajibarang telah melaksanakan beberapa jenis usaha diantaranya adalah :

1.      SIMPANAN

Simpanan merupakan dana yang dipercayakan dari perjanjian penyimpanan dana. Dana masyarakat antara lain tabungan dan tabungan deposito yang memiliki karakteristik dan jangka waktu jatuh tempo yang berbeda – beda sesuai yang diinginkan.

a.         Tabungan Tamades
Yaitu simpanan pihak lain pada bank yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu – waktu dan menurut syarat tertentu, tetapi tidak dapat ditarik dengan itu.
Apabila nasabah akan menarik simpanannya itu berarti nasabah tersebut harus melalui berbagai prosedur dan dalam penarikan simpanan tidak boleh diwakilkan. Kalaupun diwakilkan harus ada kuasa dari nasabah yang bersangkutan.
Ketentuan – ketentuan yang harus diketahui oleh nasabah, antara lain :
v  Tamades diperuntukkan bagi masyarakat perorangan, pelajar dan lembaga / badan usaha.
v  Setoran awal sebesar Rp. 25.000,- bagi masyarakat perorangan dan lembaga / badan usaha dan Rp. 10.000,- bagi pelajar.
v  Tanda bukti penyimpanan berupa buku Tamades.
v  Tamades dapat diambil sewaktu-waktu dengan saldo minimal
v  Selama 6 bulan berturut – turut tidak terdapat mutasi maka tabungan tersebut dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.000,-/bulan.
v  Setiap bulan dikenakan biaya administrasi Rp. 1.000,-
v  Biaya administrasi tutup rekening Rp. 5.000,-
v  Undian berhadiah dilakukan satu kali setahun.
v  Tamades dapat digunakan sebagai agunan kredit.
v  Besar suku bunga disesuaikan dengan tingkat suku bunga yang berlaku di PD BPR BKK Purwokerto Utara Cabang Ajibarang.

b.        Tabungan Tamapan

Tamapan merupakan tabungan yang menjamin masa depan antara lain :
v  Jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
v  Melaksanakan ibadah haji / umroh.
v  Sebagai dana pensiun.
v  Usaha masa depan.
Beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh nasabah dalam simpanan tamapan antara lain :
v  Setoran awal / pembukaan rekening Rp. 50.000,-
v  Setoran lanjutan minimal Rp. 20.000,-
v  Tanda bukti penyimpanan berupa buku Tamapan.
v  Tamapan dapat diambil sewaktu – waktu dengan saldo minimal Rp. 50.000,-
v  Setiap bulan dikenakan biaya administrasi Rp. 2.000,-
v  Tamapan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ).
v  Tamapan dapat digunakan sebagai agunan kredit.
v  Undian berhadiah dilakukan sekali dalam satu tahun yang berupa dana umroh.
v  Biaya administrasi tutup rekening Rp. 2.000,-

c.         Tabunganku
Biasanya diperuntukkan bagi pelajar, karena tidak dikenakan biaya administrasi apapun namun tidak disertakan dalam undian.
Di dalam tabunganku terdapat beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh nasabah antara lain :
v  Setoran awal / pembukaan rekening Rp. 10.000,-
v  Tanda bukti penyimpanan berupa Tabunganku.
v  Tabunganku dapat diambil sewaktu – waktu dengan saldo minimal Rp. 10.000,-
v  Setiap bulan tidak dikenakan biaya administrasi.
v  Tabunganku dijamin Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ).
v  Biaya administrasi tutup rekening Rp. 5.000,-

d.        Deposito Berjangka

Yaitu simpanan pihak lain pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara
Cara pencairan Deposito Berjangka hampir sama dengan penarikan Tamades, bedanya jika deposito berjangka di bagian belakang bilyet deposito harus dibubuhi materai dan tanda tangan nasabah yang bersangkutan.
Berikut ini beberapa ketentuan dalam deposito berjangka :
v  Diperuntukkan bagi masyarakat perorangan, perusahan, lembaga dan bank.
v  Jangka waktu penyimpanan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan sampai satu tahun.
v  Penarikan kembali deposito sebelum jangka waktu berakhir akan dikenakan penalti atau denda yang berlaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank.
v  Bunga simpanan deposito dibiayai setiap bulan sesuai dengan tanggal penempatan.
v  Deposito dapat diperpanjang secara otomatis sesuai dengan permintaan pada saat penempatan dengan suku bunga yang yang berlaku pada saat diperpanjang.
v  Bila deposan meninggal dunia maka segala hak atas simpanan deposan dan bunga dibayarkan kepada ahli waris sesuai dengan penunjukkan pada permohonan deposito.
v  Setiap perubahan nama, alamat dan tanda tangan deposan harus segera memberitahukan kepada bank secara tertulis.
v  Deposito berjangka tidak dapat dipindahtangankan.
v   PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang ditimbulkan karena penyalahgunaan deposito oleh pihak lain.
v  Apabila atas sesuatu hal bilyet deposito hilang / rusak PD BPR BKK Purwokerto Cabang akan memberikan duplikat setelah deposan mengajukan surat pergantian.
v  Pemegang rekening deposito berhak mengikuti undian.
v  Dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ).

e.         Simpanan Pelajar ( SimPel )

SimPel adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, berdasarkan arahan OJK. Dengan persyaratan mudah serta fitur yang menarik, produk ini diluncurkan dalam rangka dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Berikut ini beberapa ketentuan mengenai Simpanan Pelajar ( SimPel ) :
v   Tabungan perseorangan untuk siswa Warga Negara Indonesia.
v   Diperuntukkan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA atau sederajad yang berusia dibawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.
v   Pembukaan rekening dilakukan melalui kerjasama antara sekolah dengan bank.
v   Orang tua/wali dapat memberi kuasa kepada sekolah (pejabat sekolah yang ditunjuk) atau pihak lain untuk pembukaan rekening SimPel).
v   Kartu identitas salah satu orang tua siswa atau kartu KK.
v   Satu siswa hanya diperkenankan memiliki 1 (satu) rekening SimPel di 1 (satu) bank yang sama.
v   Tidak diperkenankan untuk rekening bersama (joint account).
v   Transaksi penarikan, penyetoran dan pemindahbukuan dapat dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai permintaan nasabah dan kebijakan bank.
2.      KREDIT ATAU PINJAMAN

Yaitu penyediaan uang / dana berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjaman meminjam antara BPR dan pihak lain yang mewajibkan debitur untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga berjalan atau pembagian hasil keuntungan.
Kredit merupakan aktiva yang paling penting bagi PD BPR BKK karena sebagian besar pendapatan operasional bank berasal dari pendapatan bunga kredit. Ada beberapa jenis kredit di Perbankan tetapi jenis kredit yang sering dijumpai antara lain :

a.      Kredit Modal Kerja
Yaitu kredit yang diperuntukkan sebagai modal kerja / usaha debitur yang bersangkutan. Jangka waktu kredit modal kerja maksimal selama 3 tahun.
b.      Kredit Investasi
Yaitu kredit atau pinjaman yang disediakan untuk pembelian barang modal dan jasa yang diperlukan guna rehabilitasi, modernisasi, relokasi usaha atau pendirian usaha baru jangka waktu kredit investasi maksimal 48 bulan.
c.       Kredit Pegawai atau Konsumtif
Yaitu kredit yang diberikan kepada pihak ketiga termasuk pengurus dan pegawai PD BPR BKK untuk keperluan konsumsi, cara pembayaran angsuran memotong sebagian gaji yang berhubungan dengan jabatan atau pangkat nasabah. Jangka waktu kredit pegawai untuk konsumsi maksimal selama 10 tahun. Prosedurnya sama dengan kredit bulanan hanya saja dalam surat rekomendasi dari kepala kantor atau instansi tempat nasabah bekerja yang menjelaskan bahwa nasabah tersebut benar – benar pegawai tetap pada industri tersebut dan disertai surat kuasa potong gaji yang berisi kuasa pada bendahara tempat nasabah bekerja untuk melakukannya :
·           Pemotongan gaji atau tunjanganyang berhubungan dengan jabatannya.
·           Pemotongan sebagian atau seluruh pembayaran untuk pasangan atau pembayaran lain apabila nasabah bersangkutan dipindah atau diberhentikan.
·           Penyetor pokok dan angsuran bunga kredit yang diterima oleh nasabah.
·           Selain produk – produk tersebut PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang juga melayani :
1.        Penerimaan pengiriman uang dari dalam atau luar negeri melalui pelayanan western union ( WU )
2.        Pembayaran listrik ( PLN )
3.        Pembayaran telepon ( Telkom )
4.        Pembayaran air ( PDAM )
5.        Pembayaran tagihan telepon seluler
6.        Pembelian pulsa
7.        Pembayaran angsuran FIF
8.        Transfer antar bank

G.    Tugas – tugas Pimpinan dan Staf
Keanggotaan organisasi PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang adalah sebagai berikut :
1.         Pimpinan Cabang : Bapak Samsul Muftiady, SE
Tugas pimpinan PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang antara lain :
§  Mengkoordinir tugas – tugas kepala seksi.
§  Memimpin jalannya operasional perusahaan.
§  Memflat pengeluaran tabungan.
§  Menyelesaikan segala hambatan yang ada.
§  Membuat anggaran pendapatan dan biaya perusahaan.
§  Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada badan pengawas.
§  Menghadiri rapat – rapat dinas intern maupun ekstern.
§  Menyetujui atas realisasi kredit sebatas wewenangnya.
§  Menandatangani laporan keuangan perusahaan.
§  Melakukan koordinasi dalam bidang pemasaran perusahaan.
§  Memenuhi pencapaian target anggaran yang sesuai yang digariskan.
§  Menyetujui pemanfaatan modal pinjaman.
§  Menentukan garis – garis kebijakan perusahaan.
§  Menghadiri rapat –rapat di non intern maupun ekstern.
§  Menyetujui realisasi kredit sebatas wewenang yang dipegang.
§  Menentukan garis – garis kebijakan perusahaan.
§  Meneliti, mengesahkan atau menandatangani laporan keuangan PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang.
§  Merencanakan kebijakan pengembangan perusahaan.
§  Mengusulkan pemberhentian petugas PD BPR BKK dari / dinas, mendengar pendapat dari badan pengawas.
§  Menyetujui pemanfaatan modal lingkungan.
§  Merangkap sebagai Satuan Pengawas Intern ( SPI ) untuk keperluan pengawas perusahaan dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.
§  Memonitoring kewajiban pemimpin dan staf – staf perusahaan.

2.         Kepala Seksi Pemasaran : Bapak Jon Haryono, SE
Mempunyai tugas :
a.         Mencatat dokumentasi solusi bagi pengaduan nasabah.
b.        Melakukan penanggulangan atas angsuran yang tidak lancar.
c.         Melakukan promosi perusahaan.
d.        Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
e.         Membantu perkembangan penugasan staf kerdit dan melakukan pemberdayaan agar dicapai hasil optimal.
f.         Membuat laporan kepada kepala kantor cabang / kantor pusat operasional mengenai kredit dan penghimpunan dana pihak ke-3 beserta permasalahan serta usulan perbaikan.
g.        Melakukan negosiasi dalam penanggulangan kredit bermasalah, mengajukan usulan kepada jajaran yang lebih tinggi.
h.        Menyiapkan berkas – berkas debitur baru, termasuk dokumen – dokumen agunan atau pengikatan kredit kepada seksi pelayanan untuk diadministrasikan lebih lanjut dan disimpan di ruang penyimpanan dokumen.
i.          Membantu perkembangan rekening debitur tertentu misalnya deposito yang menjelang jatuh tempo dan sebagainya.

3.          Kepala Seksi Pelayanan : Bapak Ali Santosa, SE
Tugas – tugas pokoknya antara lain :
a.         Menyusun rencana kerja dan anggaran perusahaan.
b.        Menerbitkan laporan – laporan yang diolah dari transaksi harian, meliputi jurnal, general ledger, mutasi kas harian, saldo normatif dana pihak ke-3.
c.         Menyusun laporan harian mengenai nasabah dana pihak ke-3 yang melakukan pembukuan rekening dan penutupan rekening.
d.        Menyusun cash flow harian.
e.         Membantu deposito jatuh tempo dan rekening deposito intrasil untuk diinformasikan ke nasabah melalui customer service.
f.         Melakukan program rekonsiliasi rekening dana pihak ke – 3 secara berkala.
g.        Melakukan rekonsiliasi rekening antar kantor dan menyelesaikan open item.
h.        Menerbitkan laporan keuangan secara periodik.
i.          Membuat laporan tunggakan debitur melalui penanggulangan tunggakan kredit untuk ditindaklanjuti oleh kepala seksi pemasaran.
j.          Mebuat surat pelunasan pinjaman, hak tanggungan / fidusia dan pelepasan agunan.
k.        Membuat dan menyampaikan laporan Sistem Informasi Kredit ( SIK ) ke Bank Indonesia.
l.          Melakukan setoran – setoran ke pihak lain seperti pajak, PBB, PLN dan sebagainya.
m.      Memutahirkan daftar aktiva tetap dan inventaris.
n.        Melakukan pembinaan administrasi kepegawaian.
o.        Membuat laporan yang bersangkutan dengan personalia.
p.        Melakukan tugas lain yang diberikan atasan.

4.         Seksi Dana : Ibu Erna Hardiyatmi, SE
Tugas – tugasnya antara lain :
a.         Mencatat setiap jenis aplikasi penyimpanan dana yang masuk dengan tertib dan sistematik.
b.        Melakukan pemrosesan permohonan buku tabungan, deposito dan simpanan lainnya meliputi pemenuhan persyaratan administratif, penelitian sumber dana, karakter penyampaian tujuan, penyampaian jatuh tempo dan lain – lain.
c.         Menertibkan dan mengagendakan dengan tertib surat persetujuan penyimpanan dana.
d.        Mengusulkan pencairan tabungan, deposito dan simpanan lainnya kepada kasi pelayanan.
e.         Melakukan pencatatan pada sistem komputer segala sesuatu yang berkaitan dengan adanya nasabah baru.
f.         Melaksanakan tugas pemasaran dan pembinaan nasabah penekanan kepada produk simpanan.
g.        Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
h.        Membantu bukti pemindahan buku atas bunga yang didapat atau diperoleh nasabah ( biaya non kas ).
i.          Memvalidasi bukti setoran tabungan atau simpanan.
j.          Mengerjakan / mengisi / menumbuhkan data transaksi tabungan ke dalam buku tamades.

5.         Seksi Kredit : Ibu Ika Trisna Cahya Ati, SH
Seksi Kredit bertugas :
a.         Mencatat setiap jenis aplikasi kredit yang masuk dengan tertib dan sistematis.
b.        Mengusulkan aplikasi kredit kepada pimpinan baik yang ditolak maupun yang direkomendasikan untuk disetujui.
c.         Melaksanakan pemrosesan permohonan kredit, meliputi pemenuhan persyaratan administratif, penelitian kelayakan usaha dan kelayakan agunan dan lain – lain.
d.        Menerbitkan dan mengagendakan dengan tertib surat persetujuan kredit untuk kredit yang disetujui, atau surat jawaban untuk kredit yang tidak disetujui.
e.         Melaksanakan akad kredit.
f.         Mengusulkan pencairan kredit.
g.        Melakukan penelitian jaminan dari aspek legalitas dan melakukan penilain jaminan ( Apprasal ) berdasarkan tata cara dan metode yang lazim.
h.        Melakukan pencatatan pada sistem komputer segala sesuatu yang berhubungan dengan debitur baru.
i.          Melakukan verivikasi akhir terhadap dokumen permohonan kredit dan agunan serta menyerahkan kepada kasi pelayanan.
j.          Melaksanakan tugas pemasaran dan pembinaan nasabah baru dengan penekanan produk kredit.
k.        Menangani kredit bermasalah.
l.          Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

6.         Analisa Kredit : Bapak Bambang Supriyanto, SE
Tugas – tugas analisa kredit yaitu :
a.         Pemeriksaan kelengkapan berkas kredit.
b.        Penelitian data debitur / calon debitur melalui sistem informasi debitur ( SID ).
c.         Analisis kredit dengan menggunakan 6C :
1.              Character
2.              Capital
3.              Capacity
Pengukuran capacity tersebut dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan berikut ini :
a.         Pendekatan historis
b.        Pendekatan finansial
c.         Pendekatan yuridis
d.        Pendekatan manajerial
e.         Pendekatan teknis
4.               Collateral
5.              Condition of Economy
6.              Constraint

7.         Kasir : Ibu Nury Riadiati, S.Si
Tugas kasir :
a.         Memasarkan produk – produk bank.
b.        Menghitung uang tunai pada awal dan akhir.
c.         Menerima uang ( baik dari nasabah ) maupun dari pihak lain.
d.        Mengeluarkan uang realisasi kredit, pencairan deposito berjangka dan tabungan, pembayaran biaya – biaya kantor dan lain – lain.
e.         Menghitung yang diserahakn dan diterima dari pos pelayanan.
f.         Menandatangani tanda bukti penerimaan dan pengeluaran kas.
g.        Memberi stempel tiap tanda bukti penerimaan dan pengeluaran kas.
h.        Mencatat ke dalam buku mutasi kas.
i.          Menyimpan stempel bank / perusahaan.















BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN DAN PEMBAHASAN

A.    PELAKSANAAN
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2016 sampai dengan tanggal 1 September 2016 bertempat di PD BPR BKK PURWOKERTO KANTOR CABANG AJIBARANG kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas, proses induksi ini merupakan proses awal bagi siswa sebelum melaksanakan kegiatan PKL, kegiatan yang dilakukan antara lain:
a.       Penyusun menyerahkan surat izin PKL kepada  Kasi Pelayanan selaku pembimbing prakerin di instansi.
b.      Melaksanakan pekerjaan yang telah diinstruksikan oleh pegawai di tempat prakerin.
Macam – macam pekerjaan :
A.    Bidang Kerja Kasi Pemasaran
1.      Menyusun formulir persyaratan permohonan kredit.
2.      Mencari berkas nasabah.
3.      Mengoreksi kelengkapan data form permohonan kredit.

190 berkas

742 Berkas
80 Berkas

12 Jam

52 Jam
3 Jam

B.     Bidang Kerja Seksi Pelayanan
1.      Mengadenda surat masuk dan surat keluar
2.      Menyiapkan slip setoran dan slip penarikan tabungan
3.      Mencatat dan menghitung slip pemindahbukuan
4.      Menyetempel laporan keuangan
5.      Menuliskan normatif pembayaran angsuran kolektif

100 Surat

27 Bendel

100 Slip

460 Stempel
308 Data


3 Jam

4,5 Jam

6 Jam

2 Jam
2 Jam

C.    Bidang Kerja Seksi Dana
1.      Menshortir dan menghitung uang dari hasil menghimpun dana
2.      Mengisikan form pembukaan rekening baru sesuai data nasabah
3.      Mencatat slip setoran tunai nasabah
4.      Mencatat slip penarikan tunai nasabah
5.      Mengisi form penggantian buku tabungan sesuai data nasabah
6.      Menyetempel buku tabungan

15 Kali

35 Rekening

193 Slip

105 Slip

2 Nasabah

40 Tabungan

15 Jam

5 Jam

10 Jam

5 Jam

20 Menit

 40 Menit
D.    Bidang Kerja Seksi Kredit
1.      Melayani nasabah perihal pengajuan kredit
2.      Meregister berkas pengajuan nasabah permohonan kredit
3.      Mencatat slip tanda bukti pengambilan jaminan
4.      Membuat SO ( Fidusia, APHT SKMHT )
5.      Mencetak / print SO
6.      Mengarsipkan SO ( arsip notaris )
7.      Memfotocopy kelengkapan untuk notaris
8.      Mencatat slip Asuransi ( Askrida, Bumiputera, dan Equity )
9.      Mencatat Surat Kuasa Pinjam Jaminan
10.  Melengkapi kekurangan  kelengkapan berkas cair
11.  Menceklis berkas cair
12.  Mencari berkas untuk mengambil PK yang akan di Waarmerking
13.  Mengumpulkan PK untuk di Waarmerking
14.  Menyetempel PK
15.  Mencatat data PK di buku Waarmerking
16.  Mengantar PK ke kantor notaris
17.  Mengambil PK di kantor notaris
18.  Mengembalikan PK ke berkas sesuai data
19.  Menyiapkan dan mencatat slip pencairan
20.  Mencari akta fidusia
21.  Memfotocopy KTP
22.  Mencetak / print foto agunan nasabah kredit

30 Nasabah

62 Berkas

20 Slip

50 SO

168 Lembar
20 SO
120 Lembar

20 Slip

10 Surat

50 Berkas

23 Berkas
603 Berkas

603 PK

603 PK
603 Data

603 PK
603 PK
603 PK

50 Slip

2 Akta
205 KTP
195 Foto


3 Jam

2 Jam

1 Jam

10 Jam

2,5 Jam
40 Menit
20 Menit

1.5 Jam

20 Menit

1 Jam

20 Menit
100 Jam

50 Jam

5 Jam
5 Jam

6 Jam
6 Jam
30 Jam

2,5 Jam

10 Menit
2 Jam
6 Jam
E.     Bidang Kerja Analisa Kredit
1.      Mengoreksi kelengkapan data permohonan kredit
2.      Melakukan BI Checking nasabah kredit
3.      Mencatat Nomor BI Checking di buku SID BI Checking
4.      Mencetak hasil BI Checking

50 Berkas

39 Nasabah

30 Data

156 Lembar


4 Jam

6 Jam

10 Menit

2 Jam

F.     Bidang Kerja Kasir
1.      Mengelompokkan dan menghitung jumlah nominal tiap slip
2.      Menghitung slip pengeluaran dan penerimaan umum
3.      Menshortir dan menghitung uang Kertas dan uang Logam
4.      Mencatat dan merekap transaksi E - Channel


4 Kali

67 Slip

8 Kali

3560 Trnsaksi

1 Jam

1,5 Jam

8 Jam

20 Jam
G.    Bidang Kerja Lainnya
1.      Memfotocopy
2.      Menerima telepon
3.      Membungkus bingkisan THR untuk nasabah
4.      Menyetempel kartu ucapan BKK Hari Raya Idul Fitri dan memasukkannya ke amplop


2.395 Lembar
40 Kali
45 Bingkisan

100 Lembar




5 Jam
1 Jam
5 Jam

30 Menit




TOTAL JAM


410 JAM

B.     PEMBAHASAN
a.      Pengertian Kredit
Kata kredit adalah berasal dari bahasa latin, yaitu kata “credere” yang artinya “kepercayaan” sehingga seseorang yang mendapat kredit adalah orang yang menerima kepercayaan dari pihak yang memberikan kepercayaan tersebut ( creditor ), tentunya setelah dilakukan penilaian atas kemampuan dan nilai baiknya.
Kredit adalah sistem keuangan untuk memudahkan pemindahan modal dari pemiliki kepada pemakai dengan harapan memperoleh keuntungan. Kredit diberikan berdasarkan kepercayaan orang lain yang memberikannya terhadap kecakapan dan kejujuran si peminjam.
Kredit menurut Undang-undang Perbakan No. 10 Tahun 1998 mendefinisikan pengertian kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga. ( Thomas Suyatno, dkk, 1999:153 )
b.      Fungsi Kredit
1)        Bantuan kredit yang diberikan oleh bank akan dapat mengatasi kekurangmampuan para pengusaha di bidang permodalan, sehingga para masyarakat bisa mendirikan suatu usaha.
2)        Untuk meningkatkan kegairahan berusaha.
3)        Sebagai alat untuk meningkatkan hubungan internasional.
4)        Meningkatkan utility suatu barang.
5)        Sebagai alat stabilitas ekonomi.
6)        Sebagai jembatan untuk meningkatkan pendapatan.

c.       Tujuan Kredit
1)        Profitability
Yaitu bahwa di dalam menjalankan usaha selalu berpedoman memperoleh laba atau keuntungan.
2)        Safety
Yaitu bahwa keamanan, fasilitas yang diberikan benar-benar terjamin hingga tujuan profitability tercapai tanpa hambatan yang berarti.
d.      Jenis-Jenis Kredit
Kredit menurut cara penarikannya :
1.        Pinjaman rekening koran (R/K) adalah pinjaman yang diberikan bank kepada nasabah sesuai dengan kebutuhannya. Dengan pinjaman kredit ini dihitung dari bagian yang benar-benar telah ditariknya atau sudah diambil.
2.        Pinjaman persekot adalah pinjaman yang penarikannya dilakuakn sekaligus pada saat realisasi dan pelunasan angsuran dilakukan secara bulanan yang besarnya telah ditetapkan menurut cara perhitungan tersebut.
Kredit berdasarkan ciri dan tujuannya :
1.        Kredit Modal Kerja adalah kredit jangka pendek yang diberikan suatu bank kepada perusahaan untuk membiayai kebutuhan modal kerjanya.
2.        Kredit Investasi adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk membantu pembiayaan pemohon dalam memperoleh barang modal selain tanah yang tercermin dalam aktiva perusahaan.
3.        Kredit Perdagangan adalah kredit yang diberikan untuk memperlancar kegiatan usaha nasabah dibidang perdagangan.
4.        Kredit Konsumtif adalah kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan konsumtif yang diperlukan pemohon dan sumber pembayaran kembali kreditnya berasal dari penghasilan atau gaji pemohon.
5.        Kredit Produktif adalah kredit yang diberikan untuk tujuan memperlancar jalannya proses produksi.
6.        Kredit Transaksi Khusus adalah kredit yang hanya sekali pakai yang disetujui untuk suatu tujuan atau beberapa tujuan tertentu.
Pengelompokan kredit berdasarkan cara pelunasannya :
1.        Kredit dengan angsuran tetap merupakan kredit-kredit yang tergolong bagi konsumtif, yang dalam angsuran tetap tersebut telah dimasukkan angsuran untuk pokok dan bunga.
2.        Kredit dengan plafon tetap pada umumnya ditujukan untuk kredit modal kerja yang berjangka waktu pendek, misalnya 1 tahun.
3.        Kredit dengan plafon menurun secara periodik pada umumnya ditujukan untuk kredit-kredit jangka panjang.
Pengelompokan kredit berdasarkan jangka waktu :
1.        Kredit jangka panjang adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur dengan jangka waktu lebih dari tiga bulan.
2.        Kredit jangka pendek yaitu kredit yang diberikan kepada calon debitur dengan jangka waktu paling lama satu tahun.
3.        Kredit jangka menengah adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk jangka waktu lebih satu tahun, namun kurang atau sama dengan tiga tahun.

e.       Analisis Penyaluran Kredit
Analisis prinsip 6 C dalam pemberian kredit sebagai berikut :
1.    Character (watak)
Penilaian character nasabah merupakan masalah yang cukup komplek karena berkaitan dengan watak dan perilaku seseorang baik secara individu maupun dalam komunitas atau lingkungan usahanya.

2.    Capacity (kemampuan)
Yaitu kemampuan peminjam dalam mengelola usahanya secara sehat untuk kemudian memperoleh laba sesuai yang diperkirakan.
3.    Capital (modal)
Penilaian modal dilakukan untuk melihat apakah debitur memiliki modal yang memadai untuk menjalankan dan memelihara kelangsungan usahanya.
4.    Collateral (jaminan)
Yaitu untuk mengetahui sejauh mana nilai barang jaminan dapat menutup resiko kegagalan pengembalian kewajiban debitur.
5.    Condition Of Economic
Faktor kondisi merupakan faktor yang sangat mempengaruhi usaha calon debitur terutama dalam kondisi persaingan bisnis yang sangat pesat.
6.    Constraint
Constraint adalah batasan dan hambatan yang tidak memungkinkan suatu bisnis untuk dilaksanakan pada tempat tertentu, misalnya pendirian suatu usaha pompa bensin yang disekitarnya banyak bengkel las atau pembakaran batu bata.

f.       Unsur-Unsur Kredit
Beberapa unsur pokok yang terkandung dalam pengertian kredit (Usman, 2001:283), yaitu :
1.    Prestasi
Berupa nilai ekonomi atau barang ataupun uang yang diserahkan oleh pihak kepada pihak lain dan harus dikembalikan atau dilunasi sesuai jangka waktu yang telah disepakati.
2.    Kepercayaan
Berkaitan dengan kepercayaan pemberi kredit bahwa kredit yang diberikan tersebut benar-benar akan diterima kembali dimasa yang akan datang sebagaimana yang telah disepakati atau ditetapkan bersama.
3.    Waktu
Antara pemberian kredit dan pengambilan atau pelunasan dibatasi oleh suatu masa atau jangka waktu tertentu yang disepakati bersama.
4.    Resiko
Merupakan akibat-akibat yang mungkin dalam masa kredit digunakan, mulai saat pemberian kredit sampai saat kredit dilunasi atau dikembalikan.
Dari beberapa referensi di atas, maka dapat dinyatakan bahwa kredit merupakan kegiatan pinjam meminjam sesuatu baik berupa uang. Kredit merupakan kemampuan untuk menyediakan uang atau barang untuk dipinjamkan kepada pihak lain yang membutuhkan dana dengan pembayaran pada masa yang akan datang. Berdasarkan kepastian dan kesepakatan kedua belah pihak dalam pemberian kredit tentunya bank selaku kreditur tidak luput dari suatu resiko yang tinggi maka dalam pemberian kredit memerlukan analisis penyaluran kredit sesuai dengan ketentuan yang ada, lebih berhati-hati, teliti dan selektif serta memerlukan pengawasan yang sedemikian rupa sehingga kredit bisa berjalan dengan lancar.
g.      Prinsip 7P
1.        Personality (kepribadian) adalah sifat dan perilaku dari calon debitur yang akan digunakan sebagai dasar pemberian kredit.
2.        Party adalah mengklarifikasikan nasabah berdasarkan golongan-golongan tertentu berdasarkan modal, karakter dan loyalitasnya dimana tiap golongan memperoleh fasilitas yang berbeda dari bank.
3.        Purpose adalah tujuan dari penggunaan kredit oleh calon debitur, apakah untuk kegiatan produkti dan konsumtif.
4.        Prospect adalah prospek usaha tersebut dimasa depan, apakah menguntungkan atau merugikan.
5.        Payment adalah bagaimana pembayaran kembali akan dilakukan asas ini dilakukan untuk mengetahui kelancaran pengambilan kredit.
6.        Profitability adalah untuk menganalisa bagaimana usaha nasabah dalam memperoleh laba.
7.        Protection bertujuan agar usaha dan jaminan memperoleh perlindungan.

h.      Prinsip 3R
1.        Return adalah sebagai penilaian atas hasil yang akan dicapai perusahaan calon debitur setelah memperoleh kredit.
2.        Repayment adalah perhitungan kemampuan, jadwal dan jangka waktu pembayaran kredit oleh calon debitur, tetapi perusahaannya tetap berjalan.
3.        Risk Bearing Ability adalah memperhitungkan besarnya kemampuan perusahaan calon debitur untuk menghadapi resiko, apakah resikonya besar atau kecil.

i.        Pengelompokan Kredit Berdasarkan Sektor Ekonomi
Pengelompokan kredit berdasarkan sektor ekonomi dilakukan untuk kepentingan perencanaan ekspansi secara sektoral. Bank Indonesia dalam laporan bulanan mengelompokkan kredit berdasarkan sektor ekonomi antara lain:
1.        Kredit sektor pertanian, perkebunan dan sarana pertanian
2.        Kredit sektor pembangunan
3.        Kredit perindustrian
4.        Kredit sektor ekonomi listrik, gas dan air
5.        Kredit sektor ekonomi kontruksi
6.        Kredit sektor ekonomi perdagangan, restoran dan hotel
7.        Kredit sektor ekonomi pengangkutan, pergudangan dan komunikasi

j.        Prosedur Pengajuan Permohonan Kredit
Berikut alur pengajuan permohonan kredit di PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang :


·           Tahap Persiapan
Tahap ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara antara calon debitur dengan pihak bank, yang disertai dengan pengisian formulir permohonan kredit dengan melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan berupa syarat – syarat pengajuan permohonan kredit.
Syarat – syarat pengajuan permohonan kredit di PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang adalah :
1.        Formulir permohonan kredit
2.        Formulir persetujuan istri / suami
3.        Fotocopy E KTP suami dan istri ( KTP pemilik jaminan jika agunan yang digunakan bukan milik pribadi )
4.        Fotocopy Kartu Keluarga ( KK )
5.        Fotocopy buku nikah
6.        Pas foto ukuran 4 x 6 ( satu lembar )
7.        Rekening listrik
8.        Jika menggunakan BPKB sebagai agunan :
a.         Fotocopy BPKB
b.         Fotocopy STNK setelah pajak
c.         Gesekan No Rangka dan No Mesin
d.        Kwitansi pembelian
e.         Foto jaminan kendaraan
9.        Jika menggunakan SHM sebagai agunan :
a.         Fotocopy SHM
b.         Fotocopy SPPT setelah pajak
c.         Foto jaminan tanah / bangunan
·           Tahap Survey
Tahap ini dilakukan dengan petugas mendatangi tempat nasabah dengan tujuan untuk melihat kondisi atau keadaan nasabah.
·           Tahap Pemutusan dan Pelaksanaan Pemberian Kredit
Setelah mendapatkan informasi dari tim survey kemudian marketing kredit memproses pengajuan kredit tersebut bersama petugas AD-K (pra) dan melakukan BI Checking nasabah untuk memastikan keadaan finansial debitur dan history pelunasan kredit yang lalu untuk menghindari kredit macet, dengan ketentuan angka kolektibilitas kredit / kelancaran selama 24 bulan terakhir sebagai berikut :

1.        “1” berarti kredit lancar
2.        “2” berarti kredit dalam perhatian khusus/DPK
3.        “3” berarti kredit tidak lancar
4.        “4” berarti kredit diragukan
5.        “5” berarti kredit macet
Setelah proses tersebut selesai dan kredit tersebut cair maka pihak bank akan memberitahu secara langsung pihak debitur dengan menyertakan berkas-berkas. Setelah semuanya disetujui maka pelaksanaan kredit bisa dilaksanakan dengan syarat pihak debitur datang langsung ke bank.
·           Tahap Pengawasan Kredit
Tahap ini dilakukan untuk menghindari adanya kredit macet dari pihak debitur.

k.      Kebijakan kredit yang diterapkan PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang
·           Memperhatikan dengan cermat dan seksama tentang penggunan prinsip kredit 5C, untuk memperkecil resiko adanya kredit macet.
·           Jaminan kredit, jaminan kredit bisa berupa mobil, sepeda motor, sertifikat tanah atau rumah.

l.        Kendala-kendala yang dihadapi PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang
Kendala yang sering dihadapi oleh PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang adalah kredit macet atau nasabah melanggar perjanjian kredit yang sudah disepakati ketika akad kredit.
Kriteria kredit macet :
·           Pengikaran terhadap isi perjanjian kredit.
·           Non perfoming loan, kredit tersebut dapat dikategorikan kurang lancar, diragukan, atau macet.
Penyebab terjadinya kredit macet :
Penyebab terjadinya kredit bermasalah dapat muncul dari beberapa factor:
1.        Kesalahan Bank.
2.        Kesalahan Debitur
3.        Faktor Eksternal seperti kondisi perekonomian, dan persaingan perbankan yang cukup ketat.
4.        Kerugian yang diakibatkan kredit bermasalah.

Solusi penangan kredit macet yang dilakukan oleh PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang :
Setelah dilakukan analisis dan hasil analisis menunjukkan adanya gejala kredit bermasalah, maka PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang akan mengambil solusi atau penyelesaian agar kredit tersebut tidak menjadi kredit yang bermasalah. Solusi yang diambil oleh PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang adalah :
1.        Memeriksa seluruh file kredit dan memperhatikan yang berkaitan dengan aspek yuridis, nilai agunan serta kelemahan-kelemahan yang tampak.
2.        Membuat rencana penanganan dan membicarakannya dengan debitur serta menjalin kerja sama yang baik dengan debitur.
3.        Menyusun pola penanganan dan membicarakannya dengan debitur serta meminta persetujuan debitur.
4.        Jenis penanganan yang dilaksanakan berdasarkan pertimbangan dari berbagai hal.
Jenis-jenis solusi yang diberikan oleh PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang :
a.       Penyelematan
Mengatur kembali jadwal angsuran, merubah jumlah angsuran serta memperpanjang jangka waktu kredit.
b.      Penyelesaian
Mengakhiri hubungan debitur dengan bank dengan cara menjual asset perusahaan atau menjual perusahaan. Kegiatan penyelesaian ini dapat dilakukan dengan dua cara, dengan sukarela atau paksaan secara hukum.
c.       Menghapus Kredit
Apabila kredit menjadi macet dan menurut pertimbangan bank sudah sulit untuk melakukan proses penagihan maka kredit akan dihapuskan atau dihapus bukukan. Penghapusan kredit harus disertai keputusan dewan komisaris.
d.      Pengambilalihan Agunan
Ini merupakan upaya bank untuk menyelesaikan kredit, ini bersifat sementara dan bank wajib segera menjual agunan tersebut untuk membayar kembali kewajiban kreditur.















BAB IV
PENUTUP

A.    Kesan – kesan umum
Setelah penyusun melaksanakan Praktik Kerja Industri pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang dengan mengamati dan mempraktekkan secara langsung, penyusun mendapatkan berbagai pengalaman dan menyimpulkan bahwa :
1.        Kerjasama karyawan dan karyawati PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang sangat baik dan harus dipertahankan.
2.        Karyawan dan karyawati PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang ramah dan tanggap dalam melayani nasabah.
3.        Karyawan dan karyawati PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang selalu memberikan pelayanan prima kepada nasabah agar mereka merasa dihormati dan merasa aman untuk menginvestasikan uangnya.

B.     Saran – saran
Setelah penyusun melaksanakan Praktik Kerja Industri pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang, penyusun semakin yakin dan optimis untuk memasuki dunia kerja yang mendorong mencapai keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi. Maka dari itu penyusun memberikan sara sebagai berikut :
1.             Karyawan dan karyawati agar memberi contoh yang baik sebagai teladan bagi peserta prakerin, seperti datang ke kantor tepat waktu, lebih meningkatkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.
2.             Mempertahankan hubungan baik dengan nasabah dan memberikan pelayanan prima.
3.             Pertahankan dan tingkatkan kedisiplinan.
4.             Untuk menghindari kredit macet pada PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang haruslah lebih efektif lagi dalam menyeleksi calon nasabah.
5.             Prosedur pembukuan PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang sudah cukup baik dan harus dipertahankan.

C.    Kesimpulan
Berdasarkan pengamatan dan hasil Praktik Kerja Industri pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Ajibarang penyusun mengambil kesimpulan bahwa :
1.             Prosedur pembukuan kredit pada PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang sudah cukup baik yaitu dengan menggunakan tahapan dan prosedur yang telah ditetapkan yang dilampiri seperangkat formulir yang membuktikan bahwa prosedur pengeluaran kredit sudah jelas.
2.             Sistem akuntansi yang diterapkan pada PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang meliputi beberapa prosedur yaitu, transaksi – bukti transaksi – jurnal harian – buku besar – neraca – laporan keuangan.
3.             Sumber penerimaan kas yang utama di PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang berasal dari berbagai jenis tabungan, yaitu meliputi Tabunganku, Tamades, Tamapan, dan Deposito Berjangka.
4.             Kegiatan operasional kantor PD BPR BKK Purwokerto Cabang Ajibarang telah menerapkan sistem kompetensi pada bagian – bagian tertentu sehingga membantu proses operasional dan mutu pelayanan lebih baik.













DAFTAR PUSTAKA

Ramadani, Lasmi. 2014. Laporan Praktik Kerja Indystri ( Prakerin ) Pada PD BPR BKK Purwokerto Kantor Cabang Banyumas.
POKJA. 2016. Buku Panduan Sekolah Pelaksanaan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ), SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang.

Setiawan, K. (2015). LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PD BPR BKK PURWOKERTO CABANG KEMBARAN. [Online]. Tersedia: http://laporanprakerin09.blogspot.co.id/2015/04/contoh-laporan-prakerin-dibkk_2.html  [2 September 2016].

Munirul. (2014). LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI BPR BKK CAB.KARANGREJA KECKARANGREJA KAB.PURBALINGGA.[Online]. Tersedia:  http://mulaimaning.blogspot.co.id/2014/09/contoh-laporan-pkl.htmll  [20 Agustus 2016].











































Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGENTRI DATA TRANSAKSI DI MYOB V18 Penjualan, Pembelian, Retur

Pidato Bahasa Inggris SPEECH Pergaulan yang Bermoral dan Islami